fbpx

Sumedang – GayoNews.com | Menghadiri sidang terbuka Akmet angkatan ke IV, sekaligus menjalin kerja sama antara Kementerian Perdagangan RI dengan Pemkab Aceh Tengah, tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemetrologian, Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar, juga berkesempatan menyambangi enam orang mahasiswa Asal Aceh Tengah yang berkuliah di Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) Sumedang, Jawa Barat, Jum’at (11/11/2022).

Keenamnya merupakan Mahasiswa asal Kabupaten Aceh Tengah yang menjalankan program beasiswa pemenuhan SDM bidang kemetrologian setingkat D3, di perguruan tinggi yang berada dalam naungan Kementerian Perdagangan, Akademi Metrologi dan Instrumentasi Sumedang yang juga merupakan binaan dari Institut Tekhnologi Bandung (ITB).

Kepada Mahasiswa asal Aceh Tengah tersebut, Bupati menitipkan pesan agar selama mengikuti pendidikan pandai-pandai dan mampu menempatkan diri dengan baik, dan juga harus menjaga nama baik daerah.

“Kami berharap kelak para lulusan Akmet setelah lulus dan terjun ke Masyarakat dapat mengimplementasikan dan mengamalkan ilmu dan kompetensi yang dimiliki secara profesional dan penuh tanggung jawab,” Harap Bupati Shabela pada para Mahasiswa Akmet asal Negeri Antara Gayo Aceh Tengah tersebut.

Dalam acara Wisuda Akmet angkatan ke IV yang turut di hadiri Menteri Perdagangan RI, Dr.(H.R) Zulkifli Hasan, SE, MM, Anggota DPR RI, Eko Hendro Purnomo/Eko Patrio, tersebut juga turut dirangkai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) Pengembangan SDM Kemetrologian, antar Kementerian Perdagangan Sekretariat Jendral Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan RI, dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Suhanto selaku sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan untuk selanjutnya disebut sebagai pihak pertama dan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar bertindak untuk dan atas nama Kabupaten Aceh Tengah untuk selanjutnya disebut sebagai pihak kedua, bersama- sama sepakat untuk membuat, menandatangani, dan melaksanakan Kesepakatan bersama.

Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan merupakan unit organisasi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di Lingkungan Kementerian Perdagangan.

Sedangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah yang memiliki kewenangan dalam menyelenggarakan dan memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan daerah yang menjadi kewenangan daerah Kabupaten Aceh Tengah, melakukan kerja sama pada pengembangan sumber daya manusia kemetrologian, Isi penggalan MoU yang disepakati, dalam kesempatan itu.

Sebelumnya secara terpisah dalam rangkaian prosesi wisuda Akmet angkatan IV tahun 2022, Direktur Akademi Metrologi dan Instrumentasi Kemendag Vera Firmansyah menyampaikan saat ini terdapat 170 mahasiswa (angkatan 2020-2022) pada Akademi Metrologi dan instrumentasi dengan satu program studi, yaitu Program Studi D-III Metrologi dan Instrumentasi.

Dan jumlah Mahasiswa baru yang diterima pada tahun 2022 sebanyak 65 orang yang 61,5 persennya diterima melalui jalur kerja sama. Penerimaan melalui jalur kerja sama meningkat sebanyak 36 persen. dibandingkan tahun 2021.

“Ke depan, dengan lulusnya para wisudawan tahun 2022 ini, tentunya kami akan terus mengusahakan meningkatkan sumber daya manusia di bidang kemetrologian,” Kata Firmansyah. (Rel- *)

By REDAKSI