fbpx

Foto : Asisten II Sedakab Bener Meriah drh Sofyan, MSi

Bener Meriah – Penjabat Bupati Bener Meriah diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian, drh. Sofyan bertindak sebagai inspektur upacara dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Santri ke IX di Bener Meriah. Sabtu (22/10/22)

Dalam upacara yang dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah tersebut turut dihadiri oleh 19 Pondok Pesantren dan Madrasah dengan mengikut sertakan masing-masing 20 orang santriwan/i.

Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh drh. Sofyan menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan setiap tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri, dan khusus tahun ini, peringatan Hari Santri tahun 2022 ini mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Dirinya menyebutkan bahwa peran santri tidak pernah lepas dari perjuangan bangsa Indonesia jauh dari sebelum masa kemerdekaan, bahkan santri juga turut terlibat secara aktif dalam berbagai bidang pembangunan bangsa.

“Santri selalu semangat memenuhi panggilan Ibu Pertiwi, bahkan terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi, dan ilmu pengetahuan, selain juga agama”. Sebutnya dalam upacara yang berlangsung di Kantor Kemenag Bener Meriah tersebut.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Santri tahun ini, drh. Sofyan juga yakin bahwa peran santri selain mengedepankan nilai-nilai agama, juga akan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

Hal tersebut didukung dengan prinsip para santri, yaitu bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi dalam ajaran agama.

“Menjaga agama adalah tugas utama santri. Untuk itu, para santri agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk terus menjunjung tinggi martabat kemanusiaan”. Sebut drh. Sofyan.

Kemudian, drh. Sofyan juga menyampaikan bahwa momen peringatan Hari Santri ini bukan cuma milik santri saja, namun juga milik semua komponen bangsa.

“Peringat ini bukanlah milik santri semata, Hari Santri ini adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, dan milik mereka yang memiliki keteguhan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan”. Sebutnya.

Lanjutnya, menutup sambutan pada upacara Hari Santri ke IX yang juga dihadiri oleh Forkopimda dan Fokopimda Plus Bener Meriah ini, drh. Sofyan menyampaikan ucapan terima kasih Menteri Agama kepada seluruh elemen masyarakat dalam peringatan Hari Santri tahun 20022 ini.

“Saya selaku Menteri Agama patut menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke yang hari ini sedang bersuka cita merayakan Peringatan Hari Santri 2022”. Tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Surat Izin Operasional bagi tiga pondok pesantren, diantaranya Pondok Pesantren Hidayatussalikin Al-Musthafawiyah Kampung Umah Besi Kecamatan Gajah Putih, Pondok Pesantren Nurul Islam Al-Aziziyah yang bertempat di Kampung Wih Tenang Toa Kecamatan Permata, dan terakhir Pondok Pesantren Miftahul Ulum yang bertempat di Kampung Simpang Utama Kecamatan Bandar.

Rangkaian upacara tersebut ditutup dengan penampilan Didong dari MTsN 1 Simpang Tiga Redelong ( ***)

By REDPEL