fbpx

Aceh Tengah – GayoNews.com | Bupati Aceh Tengah merasa bahagia dapat hadir mengikuti sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Pentas Seni PAI, dalam Sambutanya Bupati berujar yang terpenting dari kesempatan tersebut adalah agar semua pihak bisa mengambil manfaat dari kegiatan tersebut.

“Terutama para siswa, melalui pentas seni PAI ini dapat meningkatkan kemampuan dan kreatifitas khususnya di bidang ilmu pendidikan agama islam”, Ungkap Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar saat berkesempatan membuka Pentas Seni Pendidikan Agama Islam Tingkat SD dan SMP Tahun 2022, yang berlangsung di Halaman SD Negeri 10 Pegasing, Selasa (8/11/2022).

Melalui pentas seni PAI ini, diharapkan dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran islam, ungkap nya lebih lanjut.

“Selain itu diharapkan mampu menumbuhkan minat dan niat yang kuat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama islam, serta menampilkannya dalam sikap keseharian siswa yang berakhlakul karimah”, Harap Bupati Shabela.

Bupati menegaskan, Keterampilan dan seni yang menjadi inti dari pentas PAI, juga diharapkan mampu mendekatkan seni sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama sehingga lebih mudah merasuk ke hati anak-anak didik kita sekalian.

“Nilai-nilai agama yang akan lebih mudah dipahami dengan mengemas melalui seni yang sesuai dengan perkembangan jiwa dan psikologis peserta didik dari sedini mungkin”, Jelas Bupati yang tampak didampingi Kakan Kemenag Aceh Tengah, Saidi Bintara. S.Ag. MA, dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah Drs. Uswatuddin, M.Ap.

Sebelumnya, Riduansyah, SA.g.MPd. selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan, Pentas seni pendidikan agama islam, tingkat SD dan SMP se Kabupaten Aceh Tengah tahun 2022 ini, selain bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT, kiranya dapat juga menumbuh kembangkan pembentukan sikap, mental, sportifitas, kejujuran, dan ukuwah islamiyah antar sesama siswa.

Sekaligus dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang pendidikan agama islam, dan dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah mempelajari dan mencintai pendidikan agama islam, ulasnya.

Untuk diketahui, pada pelaksanaan Pentas seni pendidikan agama islam, tingkat SD dan SMP se Kabupaten Aceh Tengah tahun 2022 ini, turut di perlombakan, beberapa cabang perlombaan diantaranya, MTQ untuk jenjang SD dan SMP, Lomba Pidato untuk jenjang SD dan SMP, Cerdas Cermat PAI untuk jenjang SD dan SMP, Hifzil Qur’an untuk jenjang SD dan SMP, dan terakhir Kaligrafi untuk Tingkat SMP. (Rel- *)

By REDAKSI