fbpx

Sumedang – GayoNews.com | Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022, Bupati Aceh Tengah yang kebetulan sedang melakukan lawatan kerja memenuhi undangan Kementerian Perdagangan Sekretariat Jendral Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan RI, tidak membuang kesempatan turut menziarahi Makam Srikandi Aceh.

Siapa lagi kalau bukan, Pahlawan Perempuan Nasional Cut Nyak Dien, di Kompleks Makam Keluarga Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jum’at (11/11/2022).

Cut Nyak Dien adalah seorang tokoh perempuan hebat Indonesia yang tak kenal menyerah dalam berjuang melawan penjajah. Cut Nyak Dien lalu dijuluki sebagai “Ratu Aceh” karena tekadnya yang kuat dalam melawan kolonial Belanda di Aceh, Indonesia. Sepanjang masa hidupnya, Cut Nyak Dien terus melakukan pertempuran dan perlawanan dengan tujuan menggapai cita-cita bangsa, yaitu terbebas dari kekuasaan penjajah.

Sebagaimana diketahui, Cut Nyak Dien diasingkan oleh Belanda ke Sumedang, karena perjuangannya melawan penjajahan Belanda di Aceh pada zaman Penjajahan Belanda, meski diasingkan jauh dari tanah kelahirannya, Cut Nyak Dien, juga tetap berjuang di Sumedang, turut menyebarkan syiar Islam dengan mengajarkan warga Sumedang belajar membaca Al Quran. Perjuangan luar biasa dari seorang perempuan yang tentunya harus menjadi contoh dan diteladani oleh generasi penerusnya.

“Alhamdulillah, dalam kesempatan ini, Kami bisa langsung menziarahi, makam pahlawan Nasional dari Aceh Tjoet Nya’ Dien yang di Kebumikan di tanah pengasingan nya Sumedang”, Ujar Bupati Aceh Tengah, yang turut didampingi Kadis Perdagangan, Kepala BKPSDM, dan Kadis Kesehatan Aceh Tengah Tersebut.

“Semoga segala semangat juang dan semangat berkorban masih ada tersisa pada denyutan jantung dan tetesan darah Kita para generasi penerusnya”, Ungkap Bupati Shabela Abubakar.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, generasi muda, khususnya Pemuda Gayo yang saat ini berada di Akmet Sumedang harus termotivasi dengan perjuangan pahlawan asal Aceh ini, yang walaupun jauh dari Negeri asal nya namun tetap berjuang dengan cara yang berbeda.

“Seperti halnya tema Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku ku, Kami mengajak generasi muda untuk meneladani perjuangan para pahlawan, termasuk Pahlawan Aceh Cut Nyak Dien ini, Mari memerangi kebodohan dengan giat belajar dan berjuang mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, demi Kebaikan negeri Gayo Aceh Tengah dan juga Nusa Bangsa,” Himbau Bupati Shabela.

Sebelumnya, secara terpisah dalam rangka peringatan hari Pahlawan tahun ini, Bupati Aceh Tengah juga turut menyampaikan ucapan, Selamat Memperingati Hari Pahlawan ke 77 Tahun 2022.

“Kami ucapkan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022, Jadikan momentum ini sebagai semangat untuk terus menjadikan “Pahlawanku Teladanku”. Ucap Bupati Sebagaimana dikutip dari Akun Pribadi Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar. (Rel- *)

By REDAKSI